Gambar Melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim - Hiperelektro -->

Gambar Melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim

Hallo sobat Hiperelektro, gimana kabar servis TV kalian, lancar-lancar aja kan…? Nah…di kesempatan kali ini saya akan saya akan memberikan tips cara memperbaiki Gambar Cekung/melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim. Kebetulan kerusakan TV yang saya maksud ini menggunakan mesin persis milik TV sanyo begitu juga dengan remotenya dengan chassis FC8-A. TV Fujitec ini juga menggunakan IC tunggal LV761132C. Tepatnya hari ini saya mendapat job memperbaiki TV Fujitec Seri Kaio Slim yang kebetulan milik teman saya sendiri. Karena perbaikan TV sudah selesai, makanya saya ingin membagi pengalaman dengan sobat. Untuk lebih jelasnya nampak  seperti apa sih kerusakan saya maksud, berikut gambarnya:

Gambar Melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim


Setelah saya coba hidupkan TV tadi, memang gambarnya melengkung seperti yang anda lihat di atas. Tapi ada gejala lain muncul yaitu TV kembali standby setelah nyala sekitar 10-15 menitan. Mungkin karena Pengaruh proteksi kali ya… yang mendapati adanya komponen TV yang tidak beres. Kerusakan gambar melengkung seperti ini biasanya di sebabkan kinerja bagian horizontal tidak maksimal. Tanpa banyak sing-song langsung saya buka back covernya dan coba saya lihat dengan teliti apa ada komponen yang rusak. Aha….setelah saya periksa khususnya komponen pada bagian Horizontal dengan seksama, ternyata Lilitan (L) dari pin - H (yoke) yang menuju ke transistor EW terputus. Letak lilitan (L) tadi berada di pin L461 dengan tipe LAB24.

Nilai OHM lilitan (L) ini sekitar 5 Ohm, jika di ganti dengan nilai ohm yang lebih kecil misalnya R1w dengan nilai 2,2 ohm, maka gambarnya akan sangat lebar sekali. Bayangkan jika Cuma di jemper/sambung langsung, bisa-bisa gambarnya akan lebar keluar dari keluar dari TV. Hehehehe…..bercanda gan supaya gak terlalu tegang belajarnya.

Biasanya komponen seperti lilitan (L) ini susah di dapatkan bahkan dari mesin TV bekas sekalipun, pasti nilai ohm lilitan ini tidak sama. Nah solusi terbaiknya adalah dengan cara menggulung ulang lilitan tadi. Jika imail masih terlihat bagus/tidak gosong  itu tandanya pasti ada yang putus karena korosi.  Yang saya lakukan dengan lilitan (L) ini adalah membuka secara perlahan dan memang benar ternyata kawat emailnya putus karena korosi. Saya mengetahuinya saat melepas lilitan satu-persatu sekitar 10x lilit ternyata  imail putus lagi. Karena saya tidak punya kawat imail untuk pengganti waktu itu, akhirnya saya membuang imail 10 lilit itu. Kemudian saya solder kembali ujung kawat email ke kaki T seperti semula. Selanjutnya saya coba hidupkan TVnya lagi. Ctee…s… ternyata gambarnya normal dan sudah Gambar Melengkung lagi.

Itu tadi pengalaman saya tentang cara memperbaiki Gambar Melengkung TV Fujitec Seri Kaio Slim, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel