TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis - Hiperelektro -->

TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis

Kerusakan yang sering di keluhkan pada TV Sharp Alexander Slim adalah kerusakan pada bagian verticalnya. Seperti yang pernah saya temui 2 hari lalu dan sebelumnya saya juga beberapa kali memperbaiki TV Sharp Alexander Slim dengan kerusakan yang hampir sama. Saya masih kurang tahu kenapa TV Sharp ini sering mengalami kerusakan di bagian verticalnya. Tapi jangan kuatir, karena kali saya akan coba menjelaskan bagaimana cara memperbaiki TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris Tengah Sampai bawah seperti gambar di bawah ini:

TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis

Pertama kali TV Sharp Alexander Slim ini di bawah kerumah saya, kerusakan Gambarnya Bergaris Tengah Sampai bawah sih… Melainkan hanya berupa garis kecil melintang dari kanan ke kiri saja sekitar 2 mm. Saya sudah menduga kalau kerusakan seperti ini paling diakibatkan karena IC verticalnya yang rusak/mati. Kemudian saya coba nyalakan TV Sharp ini untuk memastikan seperti apa kerusakannya. Ternyata memasng benar, gambarnya hanya berupa garis kecil melintang (horizontal) saja dan TV langsung kembali standby. Biasalah… TV Sharp memang paling jago mengenai system proteksi. Sedikit saja ada komponen yang rusak maka lampu akan kedip-kedip.

Langsung saja saya buka casing seperti biasa dan saya bersihkan debu-debu yang menempel pada mesin TV Sharp tadi. Nah …saat mesin TV sudah bersih dari debu, langsung kelihatan komponen yang rusak yaitu IC verticalnya. Kondisi IC verticalnya sudah hancur/pecah bisa jadi karena sebelumnya ada mengalami panas berlebih. Saya sempat bingung sih, pasalnya nomor IC verticalnya sudah tidak kelihatan sama sekali. Tapi untung saja sebelumnya saya pernah memperbaiki TV Sharp Alexander Slim persis seperti ini. Setelah saya ingat-ingat, ternyata TV Sharp ini menggunakan IC vertical  LA78041 dan TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya menggunakan 2 Supply VCC.

Kemudian IC Vertical tadi saya ganti dengan yang baru dan saya coba nyalakan lagi TV sharp ini. Hasilnya, gambarnya sudah tidak kecil lagi. Namun kali ini, gambar nya nampak Bergaris-garis, seakitar ada 10 garis melintang pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah. Seperti Pengalaman sebelumnya ini pengaruh ELCO yang sudah aus/kering. Benar saja, saya coba ukur elco tersebut menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya tidak bergerak sama-sekali. Lihat gambar di bawah ini:

TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis

Akhirnya saya ganti 2 elco yang kering tadi, karena elco ini berfungsi untuk menapis tegangan + dan - yang mensuply IC vertical. Kemudian saya nyalakan TV kesekian kalinya. Jebre…t,  Hasilnya gambar TV sudah normal Kembali.

Itulah pengalaman saya tentang memperbaiki TV Sharp Alexander Slim Gambarnya Bergaris-Garis dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel