TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada - Hiperelektro -->

TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada

TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada-Hiperelektro

Ada beberapa penyebab pada kasus kerusakan TV LED Sony Gambar Putih tapi Suara Ada. Antara lain kabel LVDS lepas belum terpasang, T-Con tidak mendapatkan suply tegangan 12v (atau tegangannya drop). Dan bisa jadi Fuse SMD yang terdapat pada board T-Con terputus (lokasi biasanya di dekat konektor LVDS). Jika T-Con menggunakan IC gamma AS-15, kemungkinan esar ICgamma sudah rusak dan harus ganti. Kerusakan semacam ini biasanya problem terdapat pada T-con.

layar menyala putih polos biasanya dapat disebabkan karena kabel LVDS lepas sehingga panel tidak mendapat suply (6 atau 12v) dan fuse-chip untuk suply ke panel putus atau yang fatal Panel rusak. Solusinya dengan membuka panel-board lalu cek fuse-chip yang lokasinya dekat konektor LVDS, biasanya akan ditemukan putus. Coba ganti fuse menggunakan Fusible Resistor 1/4W 0.22 ohm.

Fusible Resistor (FR) adalah resistor yang didesign khusus sekalian sebagai fuse. Resistor jenis ini biasanya bodinya mempunyai warna putih agak kotor atau abu-abu (tidak mengkilap). Biasa dijumpai misalnya pada sirkit flyback yang men-suply ke bagian vertikal atau 180v.

Artikel penting: Cara Memperbaiki Layar TV LCD Blank Putih

TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada

Bila LCD TV bisa start namun semua layar putih
Seperti biasa periksa dulu PSU untuk mengecek koneksi solder yang kering dan jangan lupa periksa semua kapasitor elektrolit yang ada pada PSU. Kemudian periksa sekering pico di papan controller / T-con. Ingat (hati-hati) papan controller ESD sensitif, sehingga anda harus hati-hati ketika melakukan pengujian pada board ini.

Periksa juga kabel LVDS dari mainboard menuju ke papan controller dan pastikan tidak ada yang longgar. Jangan lupa cek sambungan solder pada konektor kabel dan Check serta reseat FPCB atau ribbon cable dari controller board ke driver board.

TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada-Hiperelektro
Baca juga: Cara Memperbaiki Video Tidak Muncul Pada TV LCD

Apabila semua hasil pemeriksaan sebelumnya hasilnya baik dan tidak ditemukan masalah, lanjutkan pada pemeriksaan komponen mainboard seperti eletrolytic kapasitor dan lainnya. Jika sekering pico pada papan pengontrol terbuka, putus atau telah menjadi nilai ohm tinggi, coba ganti sekering untuk melihat apakah bisa memperbaiki TV. Jika tidak, Anda bisa mengganti papan controller atau menggunakan alat pencari kebocoran untuk menemukan komponen apa yang korsleting pada controller board. Biasanya jalan terbaik adalah dengan mengganti PCB. Terkadang  diperlukan untuk mengganti mainboard atau bahkan panel untuk mengatasi layar putih tetapi sebagian besar keluhan kerusakan layar putih ini disebabkan oleh controller board yang rusak atau kapasitor elektrolit rusak dalam PSU.

Itu tadi penjelasan singkat tentang TV LED Sony Gambar Putih Suara Ada yang bisa say rangkum. Seoga tips tadi bisa bermanfaat untuk anda sahabat Hiperelektro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel