Cara Merakit Power Amplifier Berdaya Tinggi - Hiperelektro -->

Cara Merakit Power Amplifier Berdaya Tinggi


Cara Merakit Power Amplifier Berdaya Tinggi - Pada dasarnya rangkaian power OCL di atas sama dengan rangkaian yang lain pada umumnya, yaitu sama menggunakan rangkaian diferensial sebagai penguat depan tau Pre Amp kemudian di kuatkan dengan driver penguat akhir.Yang berbeda dari rangkaian ini adalah tipe Transistor dan beberapa penyesuaian tegangan kerja pada setiap bagian amplifier.

Skema rangkaian diatas tadi menunjukkan bagian diferensian disusun oleh transistor yang berfungsi sebagai penguat depan / pre amp sebelum akhirnya masuk ke bagian driver. Dan pada penguat akhir disusun secara darlington untuk mendapat faktor kali yang lebih kuat dan besar. Untuk mendapatkan daya penguatan yang lebih tinggi lagi, transistor akhir di tambahkan dengan beberapa transistor lagi yang penyusunananya secara paralel

Untuk sistem keamanan dalam pemasangan baik pada loudspeaker maupun powe amplifier sendiri, saya sarankan untuk menggunakan rangkaian speaker protector agar saat pemasangan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan mengingat semua komponen pada rangkaian ini berdaya tinggi dan busa dikatakan harganyapun juga sangat mahal.

Rangkaian OCL ini selain kelebihan juga mempunyai kelemahan yaitu panas yang di timbulkan pada masing-masing transistor biasanya tidak sama atau merata mengingat penyusunanya yang paralel. Untuk itu pada penguat akhirsaya sarankan untuk memakai sirip pendingin yang cukup besar sebagai penyerap panas lebih aman lagi bisa kita tambahkan kipas untuk membantu menghilangkan panas.
Kira-kira seperti bambar di bawah inilah sirip pendingin yang harus kita pasang :


sekian trik dari saya tentang cara merakit power berdaya tinggi, masiah banyak trik yang akan saya tunjukkan untuk itu kunjungi artikel saya yang lain.


Wassalamualaikum...., selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel